Main Article Content

Abstract

Setiap engine akan mengalami proses penuaan yang menyebabkan kemampuan kerja atau performa dari engine berkurang terutama dari segi daya dan torsi. Perawatan yang salah ataupun kurangnya perawatan juga dapat menyebabkan performa engine berkurang. Salah satu cara untuk bisa mempertahankan daya dan torsi adalah dengan meningkatkan kompresi yaitu dengan cara mempersempit combustion chamber. Studi eksperimen ini menggunakan valve head tulip dan valve head mushroom pada piston engine tipe 4 stroke SOHC carburator, dengan kapasitas cylinder 109,1 CC dan perbandingan kompresi 9,0 : 1. Dimana valve head mushroom mempunyai bentuk permukaan cembung sehingga dapat mempersempit combustion chamber. Pengujian dan pengambilan data menggunakan alat Dynotest untuk mengetahui parameter performa engine yang meliputi daya dan torsi pada putaran engine 2000, 3000, 4000, 5000, 6000, 7000, 8000, dan 9000 rpm. Pada penelitian ini diperoleh hasil peningkatan torsi maksimum dari 8.73 Nm dengan menggunakan valve head tulip, menjadi 9.2 Nm dengan menggunakan valve head mushroom. Terjadi peningkatan daya maksimum dari 7.5 Hp ketika menggunakan valve head tulip, menjadi 7.9 Hp ketika menggunakan valve head mushroom. Terjadi peningkatan pada compression ratio dari 9 : 1 ketika menggunakan valve head tulip menjadi 9.05 : 1 ketika menggunakan valve head mushroom. Meningkatnya compression ratio berpengaruh terhadap peningkatan tekanan kompresi yang juga mempengaruhi meningkatnya engine performance dari parameter torsi dan daya.

Keywords

Daya Torsi Compression Ratio Valve Head

Article Details

How to Cite
Jamaludin, J., Ramadhan, H. J. ., & Hariyanto, D. (2020). STUDI EKSPERIMEN PENGGUNAAN VALVE HEAD MUSHROOM DAN VALVE HEAD TULIP PADA RECIPROCATING ENGINE TERHADAP PERFORMA ENGINE. Jurnal Penelitian, 5(3), 214–221. https://doi.org/10.46491/jp.v5i3.499