Main Article Content

Abstract

Kebutuhan energi beberapa dekade ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Semakin bertambah jumlah populasi manusia, akan meningkat pula tuntutan kesejahteraan, sehingga mendorong peningkatan kebutuhan terhadap energi. Kebutuhan energi saat ini didominasi oleh energi fosil, dimana diketahui bahwa energi ini termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sehingga sangat diperlukan upaya - upaya mencari sumber energi alternatif terbaru atau melakukan beberapa inovasi untuk meningkatkan performa sebuah engine untuk menekan laju peningkatan kebutuhan terhadap energi fosil. Beberapa inovasi teknologi yang sudah dilakukan saat ini untuk meningkatkan perfoma engine adalah seperti Enhanced Smart Power (eSP), PGM-FI, ignition booster dan sebagainya. Dalam rangka berperan serta dalam isu energi ini, maka pada penelitian ini digunakan sebuah metode untuk meningkatkan engine efisiensi menggunakan 3, 6 dan 9 kapasitor ceramic 220pf 15kv yang disusun secara seri dan pararel dalam konfigurasi yang berbeda dipasang pararel terhadap ignition system. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan membandingkan daya dan torsi piston engine pada saat menggunakan pengapian standar dengan pengapian yang menggunakan kapasitor ceramic 220pf 15kv pararel terhadap spark plug. Engine yang digunakan adalah  piston engine four stroke, SOHC, compression ratio 9:1. Parameter ukur penelitian ini adalah engine torque dan horse power diukur pada saat engine rpm 4500, 5000, 5500, 6000, 6500, 7000, 7500, 8000, 8500, 9000. Hasil dari penelitian ini menunjukan, bahwa dengan pemasangan kapasitor 220pf 15kv diperoleh peningkatan daya sebesar 1% pada rpm 9000 dan torsi sebesar 0,80% pada rpm 8000.

Keywords

Energi Ignition system Kapasitor Daya Torsi

Article Details

How to Cite
Wulansari, A., Sakti, G., & Alqadri, M. I. (2020). PENGARUH KAPASITOR PARAREL DENGAN SPARK PLUG TERHADAP DAYA DAN TORSI PISTON ENGINE COMPRESSION RATIO 9:1. Jurnal Penelitian, 5(4), 306–315. https://doi.org/10.46491/jp.v5i4.546