DESAIN DAN SIMULASI MONITORING DAYA SISTEM TIGA FASA MENGGUNAKAN MATLAB SIMULINK

Main Article Content

rifdian indrianto

Abstract

Aplikasi sistem tiga fasa dalam kelistrikan sudah luas digunakan dalam dunia penerbangan dan industri. Monitoring dari sistem tiga fasa ini diperlukan untuk mengetahui kualitas daya dari sistem. Besaran yang dimonitoring adalah tegangan kerja, nilai arus, nilai daya dan faktor daya, serta konsumsi energi dari sistem.


Monitoring sistem tiga fasa pada penelitian ini ditentukan melalui pemodelan menggunakan software Matlab/Simulink. Pengukuran dari nilai tegangan dan arus sangat menentukan keakuratan dari monitoring sistem tiga fasa yang digunakan. Beban yang digunakan pada penelitian ini adalah beban tidak seimbang yang terdiri dari beban resistif, beban kapasitif dan beban induktif. Penggunan beban ini untuk menjamin keandalan pada sistem monitoring sehingga dapat menghasilkan nilai pengukuran yang akurat.


Dari hasil simulasi yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa monitoring daya pada sistem tiga fasa menunjukkan nilai yang akurat dengan hasil respon sistem yang cepat untuk penunjukan nilai besaran yang diukur.

Article Details