Main Article Content
Abstract
Makalah ini menyelidiki tentang efek dari pelatihan strategi metakognitif pada kemampuan menyimak ceramah mendengarkan taruna di Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Surabaya. Pembelajaran mendengarkan adalah hal yang sulit terutama bagi taruna yang baru saja memasuki poltekbang surabaya dan bahkan lebih cenderung menakutkan bagi taruna poltekbang Surabaya karena bahasa Inggris adalah bahasa kedua atau bahasa asing bagi mereka. Penelitian ini melibatkan 47 taruna tingkat satu dari program studi komunikasi penerbangan politeknik penerbangan Surabaya. Instrumentasi dalam penelitian menggunakan kuesioner, tes mendengarkan dan wawancara semi-terstruktur. Hasil menunjukkan bahwa taruna yang sering menggunakan strategi metakognitif ketika mendengarkan ceramah dalam bahasa Inggris mendapat skor lebih tinggi dalam uji mendengarkan. Selain itu, taruna dapat memperoleh manfaat dari pembelajaran dalam strategi mendengarkan karena ini membantu mereka dalam keberhasilan dari sisi akademis.