STUDI EKSPERIMEN OIL FLOW VISUALIZATION PADA AIRFOIL NACA 0012 DENGAN TRAPEZOIDAL VORTEX GENERATOR MENGGUNAKAN OPEN CIRCUIT SUBSONIC WIND TUNNEL

Main Article Content

setyo hariyadi
habibie aldo putra

Abstract

Pada pembuatan suatu pesawat terbang, suatu analisis sebelum terbang terhadap kinerja aerodinamika dari pesawat tersebut sangat diperlukan, terutama untuk daerah dimana metoda analitik/empirik tidak dapat menjangkaunya seperti perkiraan CLmax, karakteristik stall dan lain-lainnya. Satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pendesainan suatu pesawat yaitu pemilihan airfoil dan modifikasinya. Modifikasi airfoil dilakukan untuk menunda separasi aliran dan meningkatkan performa airfoil, salah satunya dengan vortex generator. Hal ini dapat diindikasikan dengan tertundanya separasi aliran yang melintasi permukaan atas dari airfoil.   


Topik yang dikaji dalam penelitian ini adalah aliran melintasi airfoil NACA 0012 dengan penambahan vortex generator. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan karakteristik aliran fluida dengan dan tanpa penambahan vortex generator. Profil vortex generator yang digunakan adalah trapezoidal vortex generator dengan konfigurasi straight dan ditempatkan pada x/c = 20% arah chord line dari leading edge. Variasi yang digunakan adalah bilangan Reynolds (Re) dan sudut serang (α) pada airfoil. Kecepatan freestream yang digunakan yaitu kecepatan 10 m/s dan 20 m/s, pada sudut serang (α) 0°, 4°, 10°, 12°, 15°,dan 17°.


Dari penelitian ini didapatkan performa aerodinamika dan fenomena aliran di sekitar airfoil. Perihal ini ada peningkatan performa aerodinamika pesawat dari sudut serang 0° sampai sudut serang 12° terbukti dengan meningkatnya kecepatan transisi dari laminar boundary layer menjadi turbulent boundary layer.

Article Details