Main Article Content
Abstract
Adanya kemajuan di bidang teknologi semakin memudahkan manusia untuk melakukan
aktifitasnya sehari-hari. Salah satu teknologi yang mengalami perkembangan pesat adalah
teknologi di bidang penerbangan. Saat ini kita sudah bisa menikmati kecanggihan teknologi di
bidang penerbangan. Pesawat terbang merupakan suatu kemajuan teknologi yang sangat luar
biasa bagi dunia, sejak manusia mulai menemukan cara untuk dapat terbang maka kemajuan
teknologi dunia semakin pesat pula. Komposit adalah struktur material yang terdiri dari dua
kombinasi bahan atau lebih, yang dibentuk dalam skala makroskopik dan menyatu secara
fisika. Bahan komposit pada umumnya,serat sebagai bahan pengisi dan pengikat serat-serat
disebut matrik. Keuntungan bahan komposit adalah kemampuan material tersebut mudah
untuk diarahkan sehingga kekuatannya dapat diatur hanya pada arah tertentu yang kita
kehendaki. Material komposit memiliki sifat high strength dan densitas rendah yang sangat
sesuai diterapkan dalam dunia industri penerbangan serta industri otomotif. Dalam
pengaplikasian material komposit memakai metode hand lay up. Penggunaan bahan komposit
dalam skala besar pertama kali terjadi pada tahun 1985. Ketika itu Airbus A320 pertama kali
terbang dengan stabiliser horisontal dan vertikal yang terbuat dari bahan komposit. Airbus
telah menggunakan komposit sampai dengan 15% dari berat total rangka pesawat untuk seri
A320, A330 dan A340. Keberhasilan dalam pembuatan menggunakan bahan komposite ini
perlu didukung dengan teknik atau cara penggunaan bahan itu sendiri. Pada pengabdian
masyarakat kepada sekolah vokasi penerbangan yang telah dilaksanakan ini. Kita mencoba
menggunakan bahan komposte dan mengujinya apakah banyak kekurangan atau kelebihan
dalam penggunaan komposite.