Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan keterampilan siswa SMK dalam menggunakan alat ukur listrik, khususnya AVO meter dan oscilloscope. Pelatihan dilaksanakan di Laboratorium Navigasi Udara Politeknik Penerbangan Surabaya dengan metode ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung. Hasil evaluasi menunjukkan minat siswa terhadap dunia dirgantara tergolong sangat tinggi (rata-rata skor 4,5), sedangkan kemampuan teknis berada pada kategori cukup hingga tinggi (rata-rata skor 3,8). Temuan ini menunjukkan bahwa siswa memiliki motivasi kuat untuk belajar, namun masih perlu peningkatan pada aspek logika, analisis, dan pemahaman konsep fisika dasar. Pelatihan ini juga memperlihatkan bahwa praktik langsung dengan alat ukur mampu membantu siswa memahami fungsi, kalibrasi, serta prinsip kerja instrumen listrik secara lebih konkret. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil memperkuat kompetensi dasar dan menumbuhkan semangat belajar di bidang teknik elektro dan penerbangan
Keywords
Article Details
References
- Kemdikbud. (2020). Advancing SMK: Pedoman Penguatan Pendidikan Vokasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Rahman, I., et al. (2021). Students’ understanding and skills on voltage and current measurement in electrical laboratory practices. Journal of Technical Education.
- Puspitasari, R., et al. (2019). Virtual Lab of Analog AVO Meter to Train Students' Initial Skills. Journal of Physics Conference Series.
- Zeng, Y., et al. (2018). Portable Intelligent Oscilloscope Based on Innovative Education. International Journal of Engineering Education.
- Suryani, E., & Prasetyo, H. (2020). Implementation of Project-Based Learning in Vocational Education to Improve Practical Skills. Journal of Vocational Education Studies.
- Handoko, D., & Lestari, A. (2019). Pengaruh Pelatihan Instrumentasi Elektronika terhadap Kompetensi Siswa SMK Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.
- Wijayanti, N., & Nugraha, S. (2021). The Effectiveness of Hands-On Laboratory Activities in Improving Students’ Conceptual Understanding in Electrical Measurements. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(4), 312–320.
- Hadi, R., & Santosa, B. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktik untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa SMK di Bidang Kelistrikan. Jurnal Pendidikan Vokasi Indonesia, 10(1), 23–31.
- Nasution, A., & Simanjuntak, P. (2020). The Role of Laboratory Work in Developing Technical Competence for Vocational Students. International Journal of Vocational and Technical Education, 12(2), 55–62.
- Fauzan, A., & Ramadhani, L. (2023). Integration of STEM-Based Learning in Electrical Engineering Education. Journal of Science and Technology Education Research, 14(1), 18–27.
