Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemasangan dan pengaturan peralatan Internet of Things (IoT) terkait jadwal sholat di Masjid Al Falah dan Masjid Burhan Tlukan, Desa Kanigoro, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pelatihan ini ditujukan kepada masyarakat desa, terutama tim Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk meningkatkan kemampuan teknis mereka dalam mengoperasikan dan memelihara sistem IoT, sehingga dapat membantu masjid dalam mengelola jadwal sholat secara efisien dan tepat waktu. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 26 September 2024 ini melibatkan 20 peserta dari perwakilan kedua masjid. Pelatihan berlangsung dengan antusiasme tinggi, melibatkan diskusi, tanya jawab, serta praktik instalasi perangkat "Khalifah Controller" untuk jadwal sholat. Hasilnya, sistem berhasil terpasang di kedua masjid sesuai dengan lokasi dan waktu yang tepat. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah pelaksanaan berjalan dengan baik sesuai rencana, dan peserta berharap program pengabdian masyarakat ini dapat dilakukan secara konsisten setiap tahun serta diperluas dengan pelatihan IoT pada peralatan lainnya.
Kata Kunci: Pelatihan, IoT, Jadwal Sholat, Masjid, Pengabdian Masyarakat, Teknologi, Blitar.
Keywords
Article Details
References
- Amri,S.,Faizal,W.M.,Azizul,A.,Almubarak,P.,&Azima,N.(2024).ImplementasiJadwalShalatDigitalDenganMenggunakanRunningTextDiMushallaKampus
- Politeknik Negeri Bengkalis. Tanjak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,5(1).
- Dewi, D. G. D. P., & Surat, I. M. (2022). Pkm. Pengembangan Soft Dan Hard Skill BerbasisTri Hita Karana Dalam Mempersiapkan Diri Untuk Mampu Bersaing Di Era 5.0.
- Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 110–120.
- Hidayat, A., & Bayudhirgantara, E. M. (2023). Pengaruh Manajemen Sumber DayaManusiaTridharmaPerguruanTinggiTerhadap Peningkatan MutuDosenPTS.Journal on Education, 6(1), 5070–5086.
- Kanoi, Y.H.,Abdussamad, S., & Dali, S.W.(2019). Perancangan jam digital waktu sholatmenggunakanArduinoUno.JamburaJournalofElectricalandElectronics Engineering, 1(2), 32–39.
- Nurlia, T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Merek TerhadapKepuasan Mahasiswa. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 104.
- Nyoto,N.(2021).EksplorasiKinerjaDosenMelaluiTriDharmaPerguruanTinggi.Procuratio:JurnalIlmiahManajemen,9(4),428–438.
- Sukardi, D., & Hafizd, J. Z. (2024). ModelPembelajaran Berbasis Penelitian danPengabdian Pada Perguruan Tinggi. CV. Strata Persada Academia.