Main Article Content
Abstract
berkomunikasi dengan baik dan benar, masyarakat tidak akan bisa melakoni dan mewujudkan kehidupan yang sesuai dengan norma-norma dalam bermasyarakat. Perkembangan zaman dengan banyak digitalisasi yang menuntut pemenuhan komunikasi efektif dan efisien kini turut merubah cara berkomunikasi dalam masyarakat sehingga memunculkan istilah komunikasi digital yang memiliki perluasan arti sebagai komunikasi yang menggunakan teknologi atau alat digital, seperti media pesawat telepon, radio, televisi, surat elektronik, dan lain-lain. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi dan alat-alat digital tersebut dapat memudahkan masyarakat terutama dalam berkomunikasi. Selain memudahkan dalam berkomunikasi, teknologi dan alat digital kini turut membantu kehidupan masyarakat Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur sebagai sarana untuk mengembangkan perekonomian setempat pasca terdampak erupsi Semeru pada Desember 2021, melalui pemanfaatan ilmu pemasaran produk dalam bidang wirausaha. Pemasaran produk dalam berwirausaha dengan menggunakan teknologi dan alat digital selanjutnya disebut sebagai Digital Marketing yang menjadi tema penyuluhan dengan menampilkan beberapa narasumber ahli yang telah dilaksanakan di Desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur guna meningkatkan pengetahuan warga terkait efektifitas dan efisiensi komunikasi digital sebagai alat pemasaran dalam berwirausaha secara digital atau digital marketing.