Main Article Content

Abstract

Pengembangan fasilitas sisi udara di bandara sangat penting untuk memastikan
operasional yang aman, efisien, dan berkelanjutan. Salah satu fasilitas utama adalah
jalan inspeksi yang berperan dalam pengawasan rutin, patroli keamanan, dan
penanganan keadaan darurat. Penelitian ini dilakukan sebagai tanggapan terhadap
kondisi jalan inspeksi sisi selatan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin yang
belum memenuhi standar teknis perkerasan, sehingga dapat mengganggu
operasional penerbangan dan menurunkan keselamatan. Penelitian ini bertujuan
untuk merencanakan ketebalan perkerasan lentur jalan inspeksi dengan Metode
Analisa Komponen tahun 1987, serta melakukan evaluasi menggunakan program
KENPAVE. Proses dimulai dengan pengumpulan data lalu lintas kendaraan
operasional, data CBR, dan parameter material. Analisis dilakukan dalam dua tahap,
yaitu perhitungan tebal perkerasan dan simulasi kinerja struktur perkerasan. Hasil
menunjukkan bahwa lapisan perkerasan terdiri dari permukaan 5 cm, pondasi atas
20 cm, dan pondasi bawah 13,1 cm, mampu menahan beban rencana sebesar
4.385.619,98 ESAL. Hasil simulasi KENPAVE menunjukkan regangan 0,000332
KPa dan tegangan 0,0000644 KPa, masih dalam batas aman, serta umur layanan
sesuai rencana operasional.

Keywords

Umur Layanan Perkerasan Jalan Inspeksi KENPAVE Analisa Komponen Perkerasan Lentur

Article Details

How to Cite
Hartono, Purwayudhaningsari, R., & Ariesta G. W, P. . (2025). ANALISIS TEBAL PERKERASAN LENTUR METODE ANALISA KOMPONEN AREA SOUTH CHECK ROAD DENGAN MENERAPKAN PROGRAM KENPAVE DI BANDAR UDARA SYAMSUDIN NOOR BANJARMASIN. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 9(1). Retrieved from https://ejournal.poltekbangsby.ac.id/index.php/SNITP/article/view/2507