Main Article Content
Abstract
Penelitian ini penting karena meningkatnya jumlah penumpang dan kendaraan di
Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir Luwuk menyebabkan kebutuhan mendesak untuk
pengembangan fasilitas parkir yang memadai agar mendukung operasional dan kenyamanan
penumpang. Tujuan keilmuan penelitian ini adalah merancang pengembangan area parkir
kendaraan yang optimal berdasarkan proyeksi pertumbuhan lalu lintas dan standar teknis
perparkiran.
Pendekatan metode meliputi survei lalu lintas harian rata-rata (LHR), analisis
karakteristik parkir (akumulasi, durasi, dan indeks parkir), perancangan tata letak parkir
menggunakan pedoman SKEP/347/XII/1999 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, dan tebal
perkerasan menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Jalan tahun 2024 serta metode
Analisa Komponen tahun 1987 Direktorat Jenderal Pekerjaan Umum.
Hasil penelitian perencanaan lahan parkir kendaraan di Bandar Udara Syukuran
Aminuddin Amir untuk proyeksi tahun 2045, didapatkan luas yaitu 12.355 m2 untuk
menampung 353 kendaraan. Struktur perkerasan dirancang dengan metode Analisa Komponen
1987, meliputi lapisan pondasi bawah (sub base course) menggunakan campuran pasir dan batu
kelas C setebal 145 mm, lapisan pondasi atas (base course) menggunakan batu pecah kelas C
setebal 200 mm, dan lapisan permukaan (surface course) menggunakan laston MS 340 setebal
50 mm. Desain sirkulasi parkir dengan sudut 90° dipilih karena kapasitas maksimal dan
kesesuaian dengan kondisi lahan yang tersedia. Rencana anggaran biaya (RAB) untuk
perkerasan area parkir diperkirakan sebesar Rp 7.517.285.000. Kontribusi penelitian ini
meliputi rekomendasi teknis bagi pengelola bandara dalam perencanaan infrastruktur parkir
yang mendukung efisiensi operasional dan kepuasan pengguna, serta pengembangan model
simulasi yang dapat direplikasi untuk bandara regional lainnya.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.