Main Article Content

Abstract

Karena tingginya kebutuhan transportasi udara di wilayah terpencil seperti
Kabupaten Kerinci, Jambi, penelitian ini berfokus pada perancangan heliport yang
aman. Proyek ini bertujuan merancang struktur perkerasan kaku (rigid pavement)
untuk heliport di Bandar Udara Depati Parbo, mendukung operasional helikopter
Bell 412. Tujuan utama adalah menciptakan struktur heliport yang memenuhi
standar teknis dari ICAO Annex 14 Volume II dan Peraturan Menteri Perhubungan
Nomor PM 64 Tahun 2015. Perencanaan ini mencakup analisis dimensi, ketebalan
lapisan, dan perkiraan biaya. Metode yang digunakan adalah analisis struktural
berdasarkan nilai CBR tanah dasar, beban helikopter, dan modulus reaksi tanah (k).
Hasilnya, ditemukan bahwa ketebalan lapisan subbase yang optimal adalah 12,7 cm,
dengan ketebalan slab beton 15,24 cm. Dimensi area pendaratan (TLOF) dirancang
selebar 13 meter, sesuai spesifikasi Bell 412. Volume konstruksi diperkirakan 37 m3,
dengan total anggaran biaya sekitar Rp 1.737.000.000,00.

Keywords

Heliport Perkerasan kaku Bell 412 Bandar Udara Depati Parbo ICAO PM 64 Tahun 2015

Article Details

How to Cite
Vamela Caroline, N. ., Suryono, W. ., & Agus Triyono, S. . (2025). PERENCANAAN RIGID PAVEMENT SURFACE LEVEL HELIPORT DI BANDAR UDARA DEPATI PARBO KERINCI. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 9(1). Retrieved from https://ejournal.poltekbangsby.ac.id/index.php/SNITP/article/view/2480