Main Article Content
Abstract
Jalan inspeksi sisi selatan Bandara Internasional Juanda belum memenuhi ketentuan
teknis perkerasan, sehingga berisiko mengganggu keselamatan dan operasional
penerbangan. Penelitian ini menggunakan Metode MDPJ 2024 untuk menentukan
ketebalan perkerasan berdasarkan analisis lalu lintas (CESAL) dan daya dukung
tanah (CBR), divalidasi dengan SKEP/347/XII/1999. Hasil perencanaan
menunjukkan struktur perkerasan lentur setebal 0,5 m dengan komposisi AC-WC,
lapis pondasi kelas A dan B (0.1 m dan 0.15) , serta lapis bawah sirtu (0.2 m), untuk
jalan sepanjang 1.450 m dan lebar 5 m. Estimasi biaya sebesar Rp3.180.000.000,00,
mengacu pada AHSP dan harga satuan 2025.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.