Main Article Content

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  mempengaruhi  semua sektor kehidupan, salah satunya kemajuan teknologi di dunia penerbangan. Berbagai macam perkembangan dan modifikasi diterapkan pada pesawat demi meningkatkan kualitas, keamanan,dan kenyamanan. Salah satunya sayap pesawat hingga kini masih terus berkembang dengan desain sedemikian rupa untuk mendapatkan performa yang baik.Terjadinya stall akibat karena adanya pemisahan aliran (Flow separation) pada bagian aliran yang dekat/menempel pada sayap (boundar layer). Pemisahan aliran terjadi ketika sudut serang mulai bertambah.


Topik yang dikaji dalam penelitian ini adalah karaterisitik aliran fluida yang melewati vortex generator tipe triangular dengan metode oil flow visualization. Penelitian bertujuan untuk mengamati secara visual karateristik aliran fluida pada upper surface yang melintasi airfoil NACA 43018 dengan posisi vortex generator dan angle of attack (AoA) yang bervariasi. Profil vortex generator x/c= 20 % dari leading edge.Variasi dalam penelitian ini adalah reynolds number  (Re), sudut serang (α) dan peletakan vortex generator pada airfoil. Kecepatan freestream yang digunakan yaitu kecepatan 20 m/s atau Re = 9,6 x 105, dan pada sudut serang (α) 0o, 20,4o,60,80,10o,120,150,160,170dan 190.


Dari penelitian menunjukan bahwa penambahan triangular vortex generator terbukti   meningkatkan performa aerodinamika dan kinerja airfoil. Perbandingan airfoil dengan dan tanpa vortex generator adalah dapat meningkatkan kecepatan transisi dari aliran laminar menjadi aliran turbulensi, berdasarkan eksperimen visual pada airfoil yang menggunakan triangular vortex generator yang menunjukan bahwa adanya penundaan aliran separasi di upper surface NACA 43018 pada sudut serang 12o sampai 15o .

Keywords

Airfoil NACA 43018 Angle of Attack (AoA) Vortex Generator

Article Details