Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh octan number fuel terhadap performa engine yang terbaik pada engine dan untuk melihat pengaruh performa engine dengan variasi octan number fuel.


Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian ( experimental research). Tujuannya buat mengetahui seberapa besar peforma piston engine berupa daya serta torsi yang diperoleh dengan mengganti variasi octan number pada sistem pengapian piston engine two stroke. Riset ini berupaya untuk menyamakan hasil riset antara variasi octan number fuel.


Hasil dari penelitian ini yaitu, daya serta torsi yang terbaik didapat pada engine yang menggunakan bahan bakar Shell V-Power (RON 95) yaitu pada Rpm 7000 mendapatkan daya sebesar 16.4 HP dan pada Rpm 6500 mendapatkan Torsi sebesar 17.48 Nm. Hasil terendah pada penelitian ini yaitu menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo (RON 98) yaitu pada Rpm 6500 mendapatkan 15.1 dan pada Rpm 6000 mendapatkan torsi 16,28, hal ini disebabkan karena pengaruh octan number terlalu besar dan tidak sebanding dengan kompresi engine.

Keywords

octan number fuel performa engine piston engine

Article Details