Main Article Content

Abstract

Gorilla gripper adalah alat yang untuk mengangkat sheet metal dengan cara dicapit. Alat ini menyederhanakan tugas, sangat mengurangi ketegangan & risiko cedera pada punggung, leher, bahu, lengan & tangan. Gorilla Gripper ini tidak akan membuat beban yang kita angkat lepas sampai Anda menurunkan pegangan setelah beban tersebut menyentuh lantai atau tanah. Hal ini memungkinkan taruna untuk mengangkat dan memindahkan Sheet Metal dengan punggung lurus, tidak perlu membungkuk untuk memegang bagian bawah Sheet Metal, sehingga menghindari rasa sakit dan nyeri yang akrab bagi taruna.


Modifikasi menggabungkan 2 alat yang sama dengan pipa, dilakukan mandiri oleh penulis dan dilanjutkan dengan praktek penggunaan alat. Praktek penggunaan alat menggunakan sheet metal berukuran 366 cm x 305 cm dengan ketebalan 1 mm sebagai objek praktek. Memilih sheet metal karena penulis memfokuskan alat ini untuk penunjang praktek sheet metal di kampus Politeknik Penerbangan Surabaya.


Dari modifikasi yang dibuat akan diketahui pengaruh alat ini sebelum dan sesudah dimodifikasi, serta bagaimana penggunaannya. Mutu dan manfaat dari alat ini juga akan diketahui, sehingga kedepannya memungkinkan untuk digunakan dalam kegiatan praktek ataupun kegiatan situasional di kampus Politeknik Penerbangan Surabaya.

Keywords

sheet metal Gorilla Gripper Pipa ketegangan Risiko Cedera

Article Details