Main Article Content

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia beberapa dekade ini dititik beratkan pada industri. Dalam rangka berperan serta dalam upaya menekan konsumsi bahan bakar fosil dilakukan sebuah penelitian tugas akhir yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi kerja dari pada sebuah reciprocating Engine.  


Maka pada penelitian ini digunakan sebuah metode untuk meningkatkan Engine efisiensi  yaitu menggunakan ferrite bead terhadap ignition system. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan membandingkan performance Engine pada saat menggunakan pengapian tanpa ferrite bead dan pengapian yang menggunakan variasi penambahan ferrite bead. Engine yang digunakan adalah piston Engine four stroke 160cc. alat yang digunakan untuk pengujian adalah dynamometer/dynotest, Parameter ukur penelitian ini adalah Engine torque dan horse power diukur pada saat Engine rpm berbeda – beda.


Hasil pengujian pada peforman Engine mengalami peningkatan yaitu pada nilai maksimum torsi tanpa pemasangan ferrite bead 8,7 ft.lbs menjadi 9,2 ft.lbs pada pemasangan ferrite bead 2 dan 3 buah, atau mengalami kenaikan sebesar 0,5 ft.lbs. pada nilai daya pada saat pemakaian ferrite bead mengalami kenaikan dari kondisi tanpa pemasangan ferrite bead yaitu dari 11,0 Hp menjadi 11,8 Hp pada pemasangan ferrite bead 3 buah atau mengalami kenaikan sebesar 0,8 Hp. Pemakaian ferrite bead berpengaruh terhadap performa Engine.

Keywords

Ignition system ferrite bead Engine efisiensi Performa Engine Daya Torsi

Article Details