Main Article Content

Abstract

Wing adalah airfoil yang disambungkan di masing-masing sisi fuselage dan merupakan permukaan yang mengangkat pesawat di udara.Wing merupakan bagian terpenting dari suatu pesawat, karena wing menghasilkan lift (gaya angkat) Ketika bergerak terhadap aliran udara karena bentuknya yang airfoil.


Topik yang dikaji dalam penelitian ini adalah aliran melintasi airfoil EPPLER 562 yang dapat terlihat dengan menggunakan oil visualization dengan penambahan vortex generator. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan karakteristik aliran fluida dengan dan tanpa penambahan vortex generator. Profil vortex generator yang digunakan adalah rectangular vortex generator dengan konfigurasi counter rotating dan ditempatkan pada x/c = 20% . Dengan kecepatan freestream yang digunakan yaitu kecepatan 20 m/s, pada sudut serang (α) 0º,4°,10º,16° dan 20º.Penggunaan rectangular vortex generator mampu memperpendek jarak antara titik separasi/separation dengan titik reattachment dibandingkan dengan airfoil tanpa menggunakan rectangular vortex generator. dan juga rectangular vortex generator mampu meningkatkan momentum fluida untuk melawan terjadinya turbulence awal dan juga turbulence hebat pada sudut serang yang tinggi.

Keywords

Wing airfoil fuselage oil visualization vortex generator EPPLER 562

Article Details

How to Cite
Elfan Ade Nugroho, Setyo Hariadi Suranto Putro, & Suyatmo. (2022). STUDI EKSPERIMEN PENGARUH PENGGUNAAN RECTANGULAR VORTEX GENERATOR SUSUNAN COUNTER-ROTATING PADA AIRFOIL EPPLER 562 DENGAN OIL VISUALIZATION. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 5(2). https://doi.org/10.46491/snitp.v5i2.985