Main Article Content

Abstract

Saat ini Hacksawing mechine yang berada di welding shop sebagai sarana praktikum untuk para Taruna memiliki potensi kecelakaan kerja berupa potongan besi yang jatuh tidak terarah dalam kondisi suhu tinggi. Penelitian ini berupa rancang bangun modifikasi hacksawing mechine berupa penampung besi potong yang merupakan wadah untuk menampung jatuhnya hasil potong cylinder saat setelah proses hacksaw. Selain itu, penambahan dromus atau cairan coolant pada penampung besi potong untuk mempercepatkan proses pendinginan hasil potong silinder besi.


Konsep rancang bangun alat ini adalah alat penampung besi potong tersebut berbentuk balok dengan dimensi 15,5 x 13,5 x 7 cm dan dilengkapi clamp dibagian bawah sebagai penjepit dan penahan agar tidak jatuh. Selain itu alat penampung potongan besi potong ini juga sebagai tempat pendingin, karena diberi cairan pendingin berupa dromus dengan volume maksimal sebesar setengah dari volume balok tersebut. Dengan bentuk dan dimensi demikian, potongan besi dapat terjatuh tepat dan suhu akan segera turun dan siap untuk digunakan keperluan lainnya.


Hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa alat ini membantu pekerjaan pengguna hacksawing machine dalam mengurangi potensi bahaya kecelakaan kerja akibat potongan cylinder yang jatuh tidak terarah dan memiliki suhu yang tinggi. Modifikasi tersebut dapat diaplikasikan pada hacksawing machine di hanggar Politeknik Penerbangan Surabaya.

Keywords

Penumpang besi potong cylinder hacksaw dromus

Article Details