Main Article Content

Abstract

Karakteristik aerodinamika merupakan dalam hal aplikasi aerodinamis, ini sangat penting yang ditujukan untuk mendapatkan bentuk benda yang aerodinamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan permodelan dan simulasi perilaku aerodinamika airfoil NACA 2410 yang dilengkapi dengan flap menggunakan software Ansys 18.2 – CFD.


Dalam proses simulasi akan dilakukan dengan variasi pada berbagai sudut serang. Permodelan NACA 2410 diambil dari software designFoil kemudian menyesuaikan ukuran dan panjang chord airfoil pada Autocad kemudian desain akan di eksport ke solidwork untuk penambahan desain flap serta pengaturan sudut serang. Selanjutnya akan disimulasikan pada software Ansys dengan pengaturan berbagai kondisi batas airfoil.


Variasi yang digunakan adalah dengan sudut serang 00 sampai dengan 450. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan sudut serang akan diikuti dengan meningkatnya koefisien lift dan koefisien drag. Namun pada airfoil NACA 2410 dengan flap menghasilkan koefisien lift dan koefisien drag yang lebih tinggi dibanding dengan airfoil tanpa flap.

Keywords

Flap Koefisien Lift Koefisien Drag Chord Airfoil Ansys

Article Details