Main Article Content

Abstract

Generator magnet permanen merupakan generator sinkron yang menggunakan magnet permanen sebagai penghasil fluks magnetik. Generator magnet permanen pada umumnya digunakan sebagai pembangkit energi listrik alternatif dalam skala kecil. Hal ini dikarenakan, kinerja yang dihasilkan generator magnet permanen sangat bergantung pada besarnya kekuatan medan magnet.


Untuk mengetahui pengaruh jumlah lilitan kumparan stator terhadap kinerja generator yang berupa tegangan induksi dan daya listrik yang dihasilkan.Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Eksperimen dilakukan dengan menguji kinerja generator pada setiap variasi jumlah lilitan kumparan stator.


Penelitian ini menggunakan pengaruh jumlah lilitan kumparan stator terhadap generator yang berupa tegangan induksi dan daya listrik keluaran. Dari ketiga variasi sampel kumparan stator. Supaya mengetahuai perbedaan output yang dihasilkan jika lilitan kumparan yang berbeda dihasilkan dari generator di Politeknik Penerbangan Surabaya agar nantinya bisa di realisasikan dan dapat menunjang pembelajaran di Politeknik Penerbangan Surabaya.

Keywords

Jumlah Lilitan Kinerja Generator

Article Details