Main Article Content

Abstract

Taruna teknik pesawat udara di poltekbang Surabaya khususnya kelas helikopter terdapat materi tracking and balancing. Ketika pelaksanaan praktek tracking and balancing alat yang dimiliki sangat terbatas, Poltekbang Surabaya hanya memiliki alat dyna track, sedangkan agar taruna lebih dalam memahami materi tracking and balancing harus mengetahui macam macam alat tracking. Tujuan penelitian ini adalah membuat alat penunjang proses pembelajaran taruna pada saat praktek tracking and balancing.


Metode penelitian rancangan alat ini menggunakan flag and pole yang diletakkan di samping atau di depan helikopter dengan blade tip yang sudah diberi kapur warna. Dalam pembuatan alat ini menggunakan pipa besi, teteron cotton dan rubber sebagai handgrip. Penggunaan alat ini dengan cara memegang alat tracking flag and pole dan memutar main rotor blade dengan blade tip yang sudah diberi kapur warna, hasil goresan yang dihasilkan oleh blade tip yang mengenai flag akan menandakan apakah main rotor blade harus diatur ulang atau tidak.


Hasil dari rancangan alat main rotor blade tracking flag and pole ini hanya mampu mengetahui apakah jarak pada setiap main rotor blade tip sudah sejajar atau belum, dan juga untuk membantu proses pembelajaran khususnya praktek tracking and balancing taruna Politeknik Penerbangan Surabaya.

Keywords

Tracking and balancing main rotor blade tracking flag and pole

Article Details