Main Article Content

Abstract

Dalam dunia pendidikan terutama dalam ilmu penerbangan, penerimaan materi pada mata kuliah aircraft landing gear terutama pada praktik shock absorber pada pesawat terbang sulit di pahami, terlebih saat praktek pengisian fluida pada shock absorber pengisian fluida pada shock absorber yang mengalami kebocoran namun alat peraga pengisian fluida yang sudah ada sering di lakukan secara konvensional yaitu dengan cara diangkat dengan tenaga manusia ,namun cara angkut ini memiliki kekuranganya itu memerlukan tenaga besar dan memperlukan waktu lama.


          Pembuatan rancang bangun trolley box untuk pengisian fluida pada shock absorber ini menggunakan dua jenis pump pengisian fluida yaitu manual dan elektrik pump. Metode penelitian yang digunakan yaitu “pengembangan”. Di dasarkan pada pengembangan penelitian sebelumnya yang membuat rancangan alat simulator shock absorber dengan dua jenis pump pengisian fluida tidak menggunakan trolley box.


Berdasarkan hasil dari uji rancang bangun trolley box untuk perangkat pengisian fluida pada shock absorber lebih efisien dalam waktu, dengan adanya roda fleksibel pada trolley box alat pengisian fluida lebih praktis dan tidak memerlukan tenaga besar.

Keywords

shock absorber shock breaker trolley box fluida

Article Details