Main Article Content

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat akurasi penelitian pada penggunaan alat uji wind tunnel dan salah satu faktor diantaranya adalah uniformity. Aliran udara yang dihasilkan oleh fan memiliki kecepatan yang tidak seragam (uniform). Mengubah desain screen dengan dimensi tertentu dapat menghasilkan aliran seragam dalam kecepatannya. Penelitian ini dilakukan menggunakan aliran udara outlet dari wind tunnel tipe opened circuit wind tunnel. Perubahan desain screen meliputi ketebalan 4 cm, ukuran pori 2 x 2 cm dan 4 x 4 cm. Screen diuji dengan aliran udara eksternal dengan kecepatan 5 m/s. Pengambilan data uji uniformity dilakukan dengan mengukur kecepatan udara setelah melalui inlet screen pada 9 titik penampang melintang alirannya dan dengan jarak uji pada 30 cm, 60 cm, 90 cm, 120 cm, 150 cm, 180 cm, dan 210 cm.


Setelah melaksanakan pengujian, didapatkan hasil bahwa pada jarak 150 cm, 180 cm, dan 210 cm sudah dapat dijumpai keseragaman aliran udara sedangkan screen dengan screen porosity 2 x 2 adalah screen dengan hasil pengukuran paling optimal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa screen dengan ketebalan 4 cm dengan pores 2 x 2 cm akan optimal dalam menghasilkan aliran udara yang seragam pada jarak 150 cm hingga 210 cm.

Keywords

Screen Wind tunnel uniformity dimensi

Article Details

How to Cite
Riska Gusni Prasetyanti, Gunawan Sakti, & Sukahir. (2022). PENGARUH PERUBAHAN DIMENSI SCREEN WIND TUNNEL UNTUK MENGHASILKAN EXTERNAL UNIFORM FLOW. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 5(2). https://doi.org/10.46491/snitp.v5i2.955