Main Article Content

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh taruna Teknik Pesawat Udara di Politeknik Penerbangan Surabaya hal ini dikarenakan kebutuhan untuk menghadapi dunia kerja nantinya. Ada banyak taruna yang mengalami masalah baik di kelas maupun di barak mereka masing masing bahkan masalah dari luar Akademi. Kurangnya kemampuan taruna untuk menghadapi masalah merupakan salah satu faktor penyebab kegagalan taruna dalam pemecahan masalah.


       Kelelahan pun dapat berpengaruh pada taruna termasuk pada kemampuan kognitif, Microsleep atau tidur sesaat, ini yang sering terjadi pada taruna pada saat lecture atau perkuliahaan sedang berlangsung ini dikarenakan kegiatan taruna yang padat dan kurangnya waktu istirahat yang dimanfaatkan taruna.


    Metode PeneIitian dengan cara wawancara yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang bagaimana taruna program studi Teknik Pesawat Udara memecahkan suatu masaIah dengan kemampuan pemecahan masalah. Data yang dikumpuIkan dalam bentuk deskripsi termasuk perputaran pembagian jam, pembagian jadwal, pertimbangan keamanan dan dampak penyelesaian jadwal yang teIah ditentukan.

Keywords

kelelahan pemecahan masalah

Article Details