Main Article Content

Abstract

Stainless steel merupakan jenis baja tahan karat yang identik dengan kandungan chromium, kandungan ini yang membedakan baja ini dengan baja yang lain, karena dapat meningkatkan sifat mekanis sebuah benda dan secara fisik akan terlihat mengkilap. Pada penelitian ini menggunakan material tipe stainless steel 304, dengan kandungan chromium yang berbeda untuk dapat mengetahui pengaruh kadar chromium terhadap sifat mekanis stainless steel 304.


Pada pembuatan spesimen stainless steel 304 yaitu dengan cara melebur limbah stainless steel kemudian dengan kandungan kromium yang berbeda yaitu 12%, 14%, 16% dan 18% setelah itu akan dilakukan pengujian sifat mekanis yaitu uji impact dan hardness vickers. Hasil dari pengujian tiap-tiap spesimen stainless steel 304 dengan variasi kandungan chromium ini, akan dilakukan analisis data pengaruh kandungan kromium terhadap sifat mekanisnya.


Dari hasil pengujian mekanis, bahwa stainless steel 304 yg mengandung kromium 18 % yang memiliki sifat mekanis yang paling baik dari ketiga spesimen yang lain yaitu pada pengujian impact >4,30 (joule/mm2) dan pengujian hardness vickers sebesar 356,02 HV

Keywords

Stainless Steel 304 Kandungan Kromium Sifat Mekanis

Article Details