Main Article Content

Abstract

Dalam beberapa dekade mendatang kebutuhan dunia akan energi fosil seperti batu bara, minyak bumi dan gas akan meningkat. Sedangkan cadangan energi fosil semakin berkurang. Hal ini juga disebabkan oleh tingginnya angka kendaraan bermotor yang ada. Dikembangkannya energi terbarukan dan alternatif saat ini merupakan langkah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. . Ethanol adalah salah satu sumber bahan bakar alternatif itu yang berasal dari tumbuhan atau sumber nabati. Oktan tinggi yang terdapat dalam ethanol dapat dimanfaatkan sebagai campuran bahan bakar maupun sebagai bahan bakar itu sendiri.


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ethanol terhadap daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar dari engine. Dalam melaksakan penelitian ini langkah awal yang diperlukan merupakan bahan bakar, ethanol, piston variasi dan alat untuk memperoleh data yaitu Dynotest. Engine akan diamati perubahannya pada aspek daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar dengan meggunakan penambahan ethanol pada pertalite dan piston variasi. Persentase yang digunakan adalah 25%, 30%, 35%, 40%.


Hasil akhir yang di capai dari penelitian ini yaitu, Daya, Torsi dan Efisiensi Bahan bakar terbaik yang didapatkan pada pengujian dari engine piston standart dan piston variasi dan campuran ethanol dan pertalite didapat pada saat penggunaan piston variasi dengan kompresi rasio 11,2 : 1 dengan daya teringgi 8.540 HP, torsi di angka 27.65 Nm dan efisiensi bahan bakar paling baik diangka 0,25 ml/s.

Keywords

Piston Daya Torsi Bahan Bakar Pertalite

Article Details