Main Article Content

Abstract

Salah satu syarat wind tunnel layak digunakan untuk melakukan pengujian adalah aliran wind tunnel harus seragam. Untuk menghasilkan tingkat akurasi penelitian yang akurat dibutuhkan faktor – faktor tertentu, salah satunya adalah keseragaman aliran atau uniformity. Untuk mengetahui tingkat keseragaman aliran yang melalui wind tunnel, maka dapat dilakukan dengan mengubah desain screen dengan dimensi tertentu sehingga dapat menghasilkan aliran udara yang laminer dalam kecepatannya


Penelitian ini dilakukan menggunakan wind tunnel tipe open circuit. Pengujian dilakukan menggunakan screen dengan dimensi luas penampang 60cm x 60cm dan mempunyai ketebalan 12cm dan terdapat 3 jenis screen dengan ukuran pori yang berbeda yaitu 5cm x 5cm , 4cm x 4cm  dan 2cm x 2cm .dan memiliki densitas sebanyak 625, dan 2500 densitas. Pengujian akan dilakukan dengan menggunakan aliran eksternal, kemudian pengujian juga menggunakan kecepatan 5 m/s. Pengambilan data uniformity dilakukan dengan uji jarak ukur sepanjang 30 cm , 60 cm, 90 cm, 120 cm, 150 cm, 180 cm, dan 210 cm dan melalui 9 titik pada inlet screen.


 Dari penelitian ini mendapatkan hasil bahwa densitas pori yang paling rapat yaitu 2 x 2 pada jarak 180 cm dan 210 cm yang dapat menghasilkan aliran udara yang laminar.Terlihat bahwa semakin banyak jumlah porosity dan semakin jauh jarak yang diuji maka semakin laminar aliran udara yang terjadi dan semakin kecil tingkat turbulensi yang didapatkan.

Keywords

Wind Tunnel Aliran Udara Uniformity Laminar

Article Details