Main Article Content

Abstract

Visual Docking Guidance System adalah sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memandu pesawat melakukan pergerakan menuju parkir pesawat. AMTO 147 Politeknik Penerbangan Surabaya terdapat berbagai fasilitas penunjang pendidikan yang mendukung ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan dari tugas akhir ini untuk mempermudah taruna dan dosen dalam melakukan pembelajaran teori tentang aircraft parking and towing. Terutama untuk mengetahui sistem parkir pesawat yang semakin canggih. Alat peraga Visual Docking Guidance System ini diharapkan mampu sebagai media pembelajaran sehingga penjelasan tentang teori tersebut dapat dipahami dengan lebih mudah.


Sistem dari alat peraga ini menggunakan Arduino sebagai controller utama alat yang didukung oleh komponen lain seperti sensor garis, lampu LED, RF Transceiver, dan LCD yang dapat menampilkan posisi dari pesawat.


Hasil pengujian dari alat ini dilakukan saat posisi pesawat tidak searah dengan garis lintasan, maka display pada panel p10 akan memberi perintah kepada pesawat mengenai arah yang seharusnya dituju. Sensor garis akan mendeteksi ketika terjadi perbedaan warna selanjutnya data diproses oleh Arduino dan mengirimkan data ke LED dan rf untuk ditampilkan pada display p10.


Kata kunci: Visual Docking Guidance System, Arduino, RF Transceiver.

Keywords

visual docking system arduino RF Transceiver

Article Details