Main Article Content

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil/penilaian yang telah dicapai oleh seseorang setelah melakukan kegiatan belajar. Prestasi belajar Taruna ini dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal yang salah satunya berupa faktor motivasi. Berdasarkan rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar praktikum ACP, yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak suatu motivasi terhadap hasil belajar yang didapatkan oleh seorang taruna. Metode penelitian dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh taruna lalu lintas udara angkatan XI dan XII, sampel penelitian penulis menggunakan seluruh populasi sebagai sempel yaitu sebanyak 73 sampel. Variabel penelitian penulis ialah  variabel bebas (X) yang berupa motivasi belajar dan variabel terikat (Y) yang berupa hasil belajar pratikum ACP. Hasil penelitian dari studi lapangan (observasi),wawancara, kuesioner, perangkat lunak (software) aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions) seri 26 dan perhitungan koefisien korelasi spearman sebesar 0,90 yang artinya hubungan mendekati sempurna antara variable X dan variabel Y bahwa motivasi mempengaruhi hasil belajar.

Keywords

Motivasi belajar Hasil belajar taruna Pratikum (ACP)

Article Details

How to Cite
Elisabeth Tamasoleng, D. ., Sudrajat, S., & Dwi Nastiti, P. . (2022). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TARUNA TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIKUM AERODROME CONTROL PROCEDURE PROGRAM STUDI D3 LALU LINTAS UDARA DI POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 5(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v5i1.868