Main Article Content

Abstract

Pesawat tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) merupakan sebuah pesawat yang dapat terbang tanpa adanya awak atau pilot. Dalam pengoperasiannya, pesawat ini dikendalikan langsung oleh operator melalui jaringan komunikasi tertentu seperti remote control ataupun secara otomatis menggunakan perangkat yang telah ditanamkan program sebelumnya.
Sedangkan untuk kalibrasi adalah kegiatan untuk memastikan kebenaran nilai-nilai yang ditunjukan oleh instrumen ukur ataupun sistem pengukuran nilai-nilai yang diabadikan pada suatu bahan ukur dengan cara membandingkan dengan nilai konvensional yang diwakili oleh standar ukur yang memiliki kemampuan telusur ke standar Nasional atau Internasional. System navigasi keselamatan penerbangan, sangat ditentukan dari kinerja alat navigasi serta validitas panduan prosedur penerbangan. Yang biasanya kalibrasi peralatan menggunakan pesawat kalibrasi.
Dalam penelitian ini penulis mencoba membuat sebuah rancangan sebuah sensor untuk menggantikan kinerja pesawat kalibrasi menggunakan sebuah pesawat tanpa awak (UAV) yang berjenis Quadcopter yang akan digunakan untuk mengamati kesiapan saat kalibrasi.

Keywords

Quadcopter Kalibrasi UAV

Article Details