Main Article Content

Abstract

Filter ADS-B adalah rangkaian yang digunakan untuk melewatkan frekuensi tertentu, dengan melewatkan sinyal frekuensi yang diinginkan dan mengurangi frekuensi yang tidak diinginkan. Selain itu, filter pada ADS-B memiliki posisi yang dirancang oleh pabrikan di mana, meletakkan 1 kotak dengan amplifier. Oleh karena itu diperlukan penyederhanaan sistem dimana filternya sederhana, tipis, mudah dibuat, dan dapat dihubungkan dengan rangkaian lain. Kemudian muncul ide untuk merancang desain filter mikrostrip. Pembuatan desain filter mikrostrip dicetak pada plat oleh PCB (Printed Circuit Board). Penulis menggunakan bahan pelapis yang banyak dipasarkan pada serat kaca epoksi (εr = 4,4) dengan ketebalan lapisan 1,6 mm.


Dalam perhitungan ini, metode penelitian yang digunakan adalah menghitung dengan menggunakan rumus yang telah disediakan. Sehingga nantinya akan dibuat dan disimulasikan pada aplikasi CST Studio Suite. CST Studio Suite merupakan software untuk mengetahui atau menghitung nilai parameter filter mikrostrip yang telah dibuat sehingga jika diperlukan penyesuaian parameter dapat langsung diubah. Hasil yang diharapkan dari simulasi filter mikrostrip adalah insertion loss -3 dB dan Return loss <- 10 dB.

Keywords

Bandpass Filter CST Studio Suite Substrate Material

Article Details

How to Cite
Nisfuh Fachro Adi, Warsito, T., & Pambudiyatno, N. (2022). OPTIMALISASI DESAIN BANDPASS FILTER PENERIMA ADS-B PADA FREKUENSI 1090 MHz. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 4(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v4i1.800