Main Article Content

Abstract

Rancangan Mobile Monitoring bertujuan untuk merancang suatu alat bantu yang berguna untuk membantu teknisi ketika melakukan changeover pada Localizer. Localizer merupakan salah satu fasilitas alat bantu pendaratan yang berfungsi memandu peasawat agar lurus terhadap center line pada runway. Localizer yang digunakan pada  NM7013 merupakan produk dari perusahaan Park Air System Corporate. Localizer NM7013 menggunakan system (RMU) Remote Monitoring Unit peraralatan Localizer dari jarak jauh dengan memanfaatkan ground cable. Tanpa adanya RMU via Internet, teknisi CNS perlu standby di PMDT untuk melakukan changeover transmitter ketika groundcheck. Penulis merancang alat berbasis Arduino untuk menghubungkan RCU ke Webserver.


Pada perancangan menunjukan bahwa teknisi dapat melakukan changeover melalui Website Mobile/Smartphone. Hasil dari rancangan yang dibuat oleh penulis yaitu alat tersebut dapat melakukan changeover dengan mudah sehingga dapat memudahkan teknisi CNS yang berada di Yogyakarta untuk mengetahui kondisi terkini Localizer dan dengan alat tersebut membuat kerja teknisi lebih efisien.

Keywords

Localizer Arduino Web Internet

Article Details

How to Cite
Yudha, K. A. S. (2022). RANCANG SISTEM MOBILE MONITORING LOCALIZER TIPE NORMARC NM7013 BERBASIS WEB SERVER DI PERUM LPPNPI CABANG YOGYAKARTA. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 4(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v4i1.794