Main Article Content
Abstract
Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan sebagai salah satu bandar udara yang menjadi gerbang transportasi udara di Kalimantan Timur. Bandara ini selalu mengalami peningkatan penumpang setiap tahunnya. Pada waktu penulis melakukan penelitian saat On Job Training di Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan, penulis melihat bahwa petugas avsec yang bersikap kurang ramah kepada penumpang dan memberi kesan buruk kepada beberapa penumpang. Hal tersebut dikarenakan beban petugas avsec yang kurang diperhatikan di Centralize. Sebagai pusat pengecekan penumpang, Centralize perlu penanganan atau perhatian khusus. Jadi penulis menyimpulkan perlunya peninjauan terkait beban petugas Avsec di Centralize yang memberikan dampak kurang nyaman kepada penumpang. Metodologi penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dengan menggambarkan keadaan yang sedang terjadi pada objek penelitian. Data diperoleh dari observasi langsung, tinjauan pustaka, diskriptif dan melakukan kueisioner. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis membuktikan bahwa masih diperlukannya penambahan jalur pemeriksaan serta personel junior avsec dengan pelatihan service excellence di Centralize Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan beban petugas avsec dan dapat bekerja secara maksimal dengan kondisi Centralize yang optimal. Kemudian dapat memperlancar serta memberikan kesan baik kepada penumpang.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.