Main Article Content

Abstract

Bandar Udara Dewadaru Karimunjawa merupakan salah satu dari Bandar Udara yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan , terletak pada titik koordinat 05o 48´11,58” LS (S) / 110o 28’ 52,96” BT (E) Elevasi : + 7,00 m di atas permukaan laut rata-rata (MSL) / + 22,97 ft. terletak di Kemojan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dan memiliki fungsi dalam memberikan penyediaan jasa pelayanan transportasi udara. Oleh karena itu diharuskan pada penyedia jasa memberikan pelayanan yang prima untuk kelancaran operasi penerbangan. Bandar Udara Dewadaru Karimunjawa memiliki landas pacu berdimensi 1.400 x 35 m yang mampu mengakomodir pesawat sekelas ATR 72 600 dengan pembatasan MTOW. Dengan kondisi bandar udara tersebut akan direncanakan untuk mengakomodir pesawat ATR 72 600 dengan MTOW maksimal dan memiliki ARFL sebesar 1290 m, maka dari itu perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana khususnya pada landas pacu yang merupakan sebuah wilayah persegi panjang yang digunakan untuk pendaratan (landing) dan lepas landas (take off) pesawat. Oleh karena itu tugas akhir ini disusun guna menyampaikan bagaimana merencanakan panjang landas pacu dan tebal perkerasan. Metode tebal perkerasan yang digunakan yaitu International Civil Aviation Organization (ICAO) dan Federal Aviation Administration (FAA) yang dilakukan dengan perhitungan Manual (AC 150-5320 6D) dan software FAARFIELD (AC 150-5320 6F), sedangkan untuk menghitung PCN menggunakan software COMFAA (AC 150-5335-5C). Dari hasil perencanaan ini diketahui panjang landas pacu dengan panjang 3.500 m dan untuk tebal total perkerasan adalah 15 inch. Ini termasuk lapisan permukaan (surface) 4 inch, lapis pondasi atas (Base Course) 6 inch, dan lapis pondasi bawah (Subbase) 5 inch. Sedangkan untuk kemiringan melintang pada landas pacu sebesar 1,5 % dan kemiringan memanjang sebesar 1 % dengan biaya pelaksanaan yang diperoleh dari perhitungan RAB untuk pekerjaan perpanjangan landas pacu sebesar Rp. 4.582.145.000.-

Keywords

Runway Perencanaan Landas Pacu Tebal Perkerasan ICAO FAA

Article Details

How to Cite
DIRHAM, F. . (2022). PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PERPANJANGAN LANDAS PACU ARAH THRESHOLD 13 DIBANDAR UDARA DEWADARU KARIMUNJAWA. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 4(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v4i1.718