Main Article Content
Abstract
Abstrak
Bandar Udara Betoambari Baubau merupakan Bandar Udara kelas III yang memberikan pelayanan aerodrome flight information service. Pemberian pelayanan aerodrome flight information service dilakukan oleh Perum LPPNPI unit Baubau. Tugas akhir ini menjelaskan kendala yang dihadapi bersangkutan dengan keselamatan dan keamanan dalam penerbangan di PERUM LPPNPI Unit Baubau. Kendala yang dihadapi yaitu seringnya pengajuan extend dari salah satu operator penerbangan yang beroperasi di Bandar Udara betoambari Baubau ditambah dengan kendala yang masih banyak dihadapi ketika extend after sunset sehingga dapat mengancam dan membahayakan keselamatan penerbangan. Tugas akhir ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan 2 variabel yaitu Extend after sunset (variabel X) dan Keselamatan penerbangan (variabel Y). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Kuesioner disebarkan kepada 4 responden yaitu personel komunikasi penerbangan di Perum LPPNPI unit Baubau. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis dapat ditarik kesimpulan bahwa extend after sunset yang sering diajukan dari salah satu operator penerbangan yang beroperasi di Bandara Betoambari menimbulkan dampak yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan dikarenakan masih banyak kendala yang dihadapi ketika extend after sunset berlangsung. Karena itu diharapkan agar extend after sunset di Bandara Betoambari Baubau dihentikan demi menjaga keselamatan penerbangan. Hasil penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat guna meningkatkan keselamatan dan kelancaran penerbangan di Bandar Udara Betoambari Baubau.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.