Main Article Content

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa paling populer di dunia sekaligus bahasa yang paling banyak diadopsi menjadi bahasa resmi di beberapa negara dan organisasi internasional. Dalam dunia kerja, beberapa perusahaan umumnya menggunakan Test Of English for International Communication (TOEIC)  untuk membantu mencari karyawan yang cakap berbahasa inggris. TOEIC dipilih atas pertimbangan bahwa kualitas dan cakupan pemahaman kebahasaan yang disajikan dalam tes TOEIC cukup variatif sehingga menggali kemampuan dan potensi para Taruna lebih luas dan mendalam. Pokok permasalahan penelitian ini adalah belum dikembangkannya aplikasi TOEIC berbasis web untuk menunjang pembelajaran TOEIC Preparation taruna di Politeknik Penerbangan Surabaya. Teknologi berbasis web dapat membuat Taruna menjadi lebih termotivasi dan tertarik dikarenakan Taruna dapat mengakses multimedia dan piranti inovatif lainnya. Tujuan penulis dari tugas akhir ini adalah mengembangkan aplikasi simulasi TOEIC berbasis web agar dapat membantu taruna mempelajari TOEIC secara online melalui perangkat laptop maupun PC serta meningkatkan penggunaan laptop sebagai media pembelajaran. Pengembangan aplikasi Test Of English for International Communication (TOEIC) berbasis program aplikasi web PHP. Pada aplikasi tersebut termuat berbagai jenis file, seperti audio, teks, dan gambar, sehingga bersifat kompleks. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D), dengan prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Kesimpulan penelitian ini bahwa aplikasi TOEIC berbasis web dapat digunakan sebagai sarana untuk menunjang pembelajaran TOEIC Preparation di Politeknik Penerbangan Surabaya.

Keywords

aplikasi TOEIC WEB

Article Details

How to Cite
WIDYANINGRUM, E. N. . (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI TOEIC PREPARATION BERBASIS WEB SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN TARUNA DI POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 4(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v4i1.701