Main Article Content

Abstract

Peningkatan pelayanan navigasi penerbangan membutuhkan penanganan yang serius terlebih lagi pelayanan penerbangan antara 2 (dua) wilayah demi menciptakan pelayanan navigasi penerbangan yang aman, efisien, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Terdapat beberapa unit dalam pemberian pelayanan penerbangan di wilayah Kupang dan Denpasa, unit ini saling berkaitan dalam tugasnya dalam berkoordinasi terkait kelancaran dan keamanan penerbangan. Koordinasi tersebut diatur dalam Letter of Operational Coordination Agreement (LOCA) yang harus dipatuhi antarunit. Namun LOCA yang ada masih belum optimal sehingga berdampak pada kelancaran pelayanan lalu lintas udara. LOCA yang belum optimal tersebut mempengaruhi kinerja ACO di Perum LPPNPI Cabang Kupang dengan ACO di Perum LPPNPI Cabang Denpasar dalam memberikan pelayanan lalu lintas penerbangan tentang pemberian flight level. Dengan demikian, hal tersebut akan menjadi risiko untuk terjadinya insiden yang melibatkan pesawat dari arah Kupang ke arah Bali maupun sebaliknya. Pengoptimalan LOCA koordinasi diharapkan dapat membantu meningkatkan kelancaran pelayanan lalu lintas udara. Penelitian ini menggunakan pengolahan data berupa Skala Rating yang mengacu dari beberapa sumber yang relevan dan memiliki kredibilitas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif pemecahan masalah pemberian atau penggunaan flight level antara Kupang Sector dan Bali Sector.

Keywords

Letter of Operational Coordination Agreement Enroute Flight Information Flight Level

Article Details

How to Cite
NURJANAH, A. F. (2022). KAJIAN PERBEDAAN PENGGUNAAN SEMI CIRCULAR DAN QUADRANTAL RULES DALAM PEMBERIAN FLIGHT LEVEL ANTARA KUPANG SECTOR DAN BALI SECTOR PERUM LPPNPI CABANG KUPANG. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 4(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v4i1.696