Main Article Content
Abstract
Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali merupakan salah satu Bandar Udara di Indonesia yang melayani rute dari dan ke Luar Negeri. Sebagai Bandar Udara yang melayani penerbangan internasional Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali harus meningkatkan mutu dalam pengawasan dan pelayanan penumpang. Perkembangan sistem informasi yang semakin pesat mengakibatkan tingkat pengawasan di terminal bandara semakin di pusatkan. Penelitian menemukan masalah kurang optimalnya pelaporan yang dilakukan oleh personel Terminal Service Officer masih menggunakan sistem manual yang dapat menghambat kelancaran pengawasan operasi terminal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan solusi berupa peng-upgrade-an sistem checklist manual menjadi aplikasi e-checklist untuk meningkatan pengawasan dan pelayanan penumpang. Metode penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan SOP (Standart Operasional Procedure) unit Terminal Service Officer serta Peraturan Menteri Perhubungan Udara Nomor: PM 178 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk meminimalisir tingkat keterlambatan pelaporan yang terjadi di terminal dengan perlu diadakannya pengoptimalisasian sistem checklist manual dengan aplikasi e-checklist sehingga dapat meningkatkan pengawasan operasi terminal yang berhubungan dengan keamanan, keselamatan, dan pelayanan bagi pengguna terminal Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.