Main Article Content

Abstract

Setiap unit FSS harus memberikan pelayanan terbaik terhadap pesawat udara yang melintas di wilayah mereka. Akan tetapi memberikan pelayanan yang terbaik tidak dapat dilakukan, jika penggunaan daftar alokasi Channel Radio HF (High Frequency) FSS di Makassar Air Traffic Service Center kurang optimal. Sehingga menimbulkan kendala seperti kualitas suara tidak optimal. Maka dari itu diperlukan optimalisasi daftar alokasi channel radio HF unit FSS Makassar Air Traffic Service Center bertujuan agar dapat menunjang ACO (Aeronautical Communication Officer) dalam memberikan pelayanan informasi penerbangan dengan lebih efektif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan 2 variabel antara lain ; Optimalisasi daftar alokasi channel radio HF unit FSS (variabel X) dan Pemberian flight information service (variabel Y). Teknik pengumpulan data menggunakan; observasi, wawancara dan kuesioner. Kuesioner diberikan pada 20 orang ACO di Makassar Air Traffic Service Center. Dari data-data yang diperoleh serta analisis permasalahan, dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis awal adalah benar bahwa diperlukan optimalisasi daftar alokasi channel radio HF pada unit FSS Makassar Air dengan Merumuskan daftar alokasi channel HF FSS yang baru yang berdasarkan pada Pengamatan coverage setiap waktu pada masing-masing frequency Radio HF FSS melalui web www.sws.bom.gov.au, kajian Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan Perum LPPNPI Airnav Indonesia, dan Pengamatan menggunakan tabel readability scale.

Keywords

Optimalisasi Alokasi Pelayanan

Article Details

How to Cite
Pasulu, G. P. . (2022). OPTIMALISASI DAFTAR ALOKASI CHANNEL RADIO HF (HIGH FREQUENCY) UNIT FSS DALAM PEMBERIAN FLIGHT INFORMATION SERVICE DI MAKASSAR AIR TRAFFIC SERVICE CENTER. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 4(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v4i1.648