Main Article Content
Abstract
Pelayanan yang diberikan oleh personil Aeronautical Communication Officer (ACO) ini berkaitan dengan fasilitas-fasilitas ATS-RO dan RDARA. Dalam dokumen Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 170 dijelaskan bahwa Setiap ATS Unit harus memberikan pemandu lalu lintas udara lingkungan kerja yang nyaman dan peralatan yang sesuai. Namun fasilitas yang ada masih belum standar yang ditentukan oleh ICAO sehingga berdampak pada pemberian pelayanan penebangan. Beberapa fasilitas yang belum standar tersebut mempengaruhi personil ACO dalam memberikan pelayanan komunikasi penerbangan. Dengan demikian, hal tersebut akan menjadi resiko untuk terjadinya suatu insiden yang melibatkan para personil ACO dalam operasi penerbangan yang berlangsung. Memaksimalkan fasilitas yang ada dengan beberapa alternatif, selalu memberikan pengertian kepada para personil ACO untuk mengingatkan tugas dan fungsi pokok dalam pelayanan komunikasi penerbangan, mengajukan penambahan dan pengadaan fasilitas kepada manajemen guna meningkatkan operasi penerbangan yang aman, nyaman dan efisien. Diharapkan hal ini dapat membantu para personil ACO untuk mengurangi beban kerjanya. Penelitian ini menggunakan pengolahan data berupa skala likert yang mengacu dari beberapa sumber yang relevan dan memiliki kredibilitas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif pemecahan masalah sehingga sebagai pemberi pelayanan komunikasi penerbangan dapat dengan nyaman melaksanakan tugasnya dan meningkatkan keselamatan penerbangan di Bandar Udara Internasional Kualanamu.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.