Main Article Content

Abstract

Personil unit pelayanan lalu lintas udara tidak hanya bertugas dalam pemanduan lalu lintas udara saja, namun juga bertanggungjawab terhadap penyediaan saran dan informasi yang berguna demi terselenggaranya keselamatan dan efisiensi suatu penerbangan. Terjalinnya komunikasi antara Air Traffic Controller (ATC) dengan Pilot yang efektif dan efisien merupakan sesuatu yang wajib dan sangat diperlukan dalam upaya memberikan pelayanan lalu lintas penerbangan yang aman, cepat dan teratur, faktor-faktor tersebut berasal dari sumber daya manusia yang diatur sedemikian mungkin dengan Standar yang ditetapkan demi menciptakan pelayanan lalu lintas udara yang aman, cepat dan teratur.  Perum LPPNPI Cabang Pembantu Pangkalan Bun untuk menyelenggarakan training atau refresh dokumen tentang standard phraseology, serta menyelenggarakan kursus Bahasa Inggris untuk ATC agar apabila dalam suatu kesempatan terjadi penggunaan non-standard phraseology maupun Bahasa Inggris umum, dapat dipahami oleh penerima (pilot) sehingga komunikasi tetap lancar. Metode penelitian yang digunakan penulis untuk mendapatkan masing-masing data adalah dengan observasi serta wawancara yang kemudian di analisa secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu menyelenggarakan training atau refresh dokumen tentang standard phraseology serta menyelenggarakan pelatihan Bahasa Inggris untuk ATC serta menyelenggarakan pelatihan Budaya Kerja dan Etos Kerja dengan maksud agar di lapangan nantinya para personil ATC dapat menerapkan phraseology yang baku untuk mengurangi resiko terjadinya incident dan accident.

Keywords

Pelayanan Phraseology Standard

Article Details

How to Cite
Hidayat, M. . (2022). KAJIAN PENGGUNAAN PHRASEOLOGY DI PERUM LPPNPI CABANG PEMBANTU PANGKALAN BUN . Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 4(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v4i1.631