Main Article Content
Abstract
Dalam 5 tujuan dari pelayanan lalu lintas penerbangan (5 objectives of the air traffic services) dan juga ICAO Doc. 9689 seorang personil ATC harus bertanggung jawab dalam menjaga separasi agar pesawat udara yang beroperasi pada area yang sama berada pada jarak yang jauh antara satu sama yang lain sehingga resiko kemungkinan terjadinya tabrakan dapat berada pada tingkat yang rendah. Dalam penulisan ini, penulis meneliti tentang letak Instrument Approach Fix MNO VOR di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado yang berada disamping runway yang digunakan membuat area tunggu atau titik awal yang digunakan dari pesawat kedatangan menjadi tepat diatas runway. Penelitian dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif, dan juga pengumpulan data dengan cara observasi langsung ataupun tidak langsung, serta melakukan wawancara terhadap ATC Superviso dan personil Teknik Navigasi di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado. Dengan adanya pemindahan letak dari instrument approach fix maka akan menurunkan tingkat potensi kecelakaan dan mempermudah personil ATC dalam memberikan pemisahan antar pesawat terutama menangani jumlah traffic yang semakin berjalannya jumlah waktu semakin padat.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.