Main Article Content
Abstract
Penanganan terhadap barang undelivery cargo di Terminal Kargo Bandar Udara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta dilakukan oleh personel PT. Angkasa Pura Logistik merupakan kegiatan yang sangat penting. Semakin bertambahnya jumlah barang-barang yang ada di terminal kargo, maka semakin besar jumlah potensi terhadap penurunan kenyamanan dalam kegiatan operasional di terminal kargo bandara tersebut.Metode penelitian dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode deskirptif kuantitatif penelitian dengan memperoleh data yang berbentuk angka. Sementara metode deskriptif menekankan pada deskripsi secara alami dan apa adanya, maka dengan sifatnya ini dituntut keterlibatan secara langsung di lapangan dalam melakukan pengamatan Metode pengumpulan data ini menggunakan metode kuesioner, observasi, dan studi kepustakaan.Hasil Penelitian menunjukan bahwa penanganan barang undelivery cargo yang dilakukan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) mempengaruhi kinerja operasional para personel,dibuktikan dengan hasil perhitungan range spearmen yaitu sebesar 0,9 menujukan angka yang sangat kuat. Artinya, penanganan barang undelivery cargo mempengaruhi kinerja operasional terminal kargo. Selain itu perlunya diadakan Ramp Safety Campaign secara berkala kepada pihak PT. Angkasa Pura Logistik untuk mengecek bahwa peanganan barang undelivery cargo yang telah melewati batas waktu 14 hari sudah terlaksana agar kegiatan yang ada di terminal kargo tidak menggangu para personel yang bekerja.