Main Article Content
Abstract
Begitu lengkap fasilitas yang disediakan oleh PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Setiap pengunjung yang datang telah dimudahkan dengan adanya fasilitas tersebut. Dalam bandara banyak dijumpai rambu-rambu petunjuk atau yang disebut signage. Seperti halnya rambu exit, check-in counter, departure, arrival, transit, toilet, dll. Rambu-rambu tidak hanya ada pada lalu lintas di jalanan saja. Di bandara juga wajib dilengkapi dengan rambu. Terminal Bandar Udara Internasioanl Ahmad Yani Semarang memiliki sarana informasi (terutama signage system) berupa petunjuk beberapa area dan ruangan. Dengan tersedianya signage system tersebut, bukan berarti info yang diinginkan terpenuhi. Terbukti masih banyak pengunjung yang kurang menyadari letak rambu petunjuk yang sudah disediakan sehingga banyak pengunjung yang bertanya kepada petugas bandara. Topik yang dikaji dalam penelitian ini adalah penempatan papan petunjuk (signage system) di terminal. Tujuan dari penelitian ini adalah agar pergerakan penumpang, pengantar ataupun pengunjung lebih mudah, terarah, dan sampai pada tujuan. Metode penelitian yang akan digunakan adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif merupakan suatu metode yang digunakan untuk menafsirkan setiap fakta dan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan menarik kesimpulan dari setiap jawaban dari responden. Disimpulkan dengan kata-kata yang lebih ringan untuk dipahami. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih terdapat peletakan papan petunjuk di terminal Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang yang belum sesuai standar sehingga masih banyak penumpang yang susah menuju ke tempat yang diinginkan dikarenakan petunjuk arah yang susah dijangkau sehingga terjadi penumpukan penumpang di terminal pada saat pick hour. Upaya mengoptimalkan peletakan papan petunjuk di terminal dapat dilakukan oleh pihak operasi dengan meninjau kembali lokasi dalam arti struktur bangunan dan ruang gerak serta mengevaluasi setiap kritik, saran, dan pertanyaan dari pengguna jasa.