Main Article Content
Abstract
Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta merupakan salah satu Bandar Udara di Indonesia yang melayani rute dari dan ke Luar Negeri. Sebagai Bandar Udara yang melayani penerbangan internasional, perkembangan kargo yang semakin pesat mengakibatkan tingkat pengawasan di terminal kargo semakin di pusatkan. Penulis menemukan masalah tidak tersedianya fasilitas kantor unit terminal inspektur kargo pada Terminal Kargo guna memudahkan dan meningkatkan pengawasan area terminal kargo. Terminal Kargo memiliki area luas sehingga sistem pengawasan yang diberikan harus terpantau sesuai dengan SOP dimiliki oleh petugas pengawasan di area terminal kargo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan solusi berupa kebutuhan fasilitas kantor terminal inspektur kargo untuk meningkatan pengawasan.Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya pengadaan fasilitas kantor terhadap unit terminal inspektur kargo dapat meningkatkan pengawasan, dan pelayanan bagi pengguna terminal kargo.