Main Article Content

Abstract

Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam merupakan bandar udara yang melayani operasional penerbangan untuk pendidikan, pelatihan, pemeliharaan dan perawatan pesawat udara. Oleh karena itu keselamatan dan kelancaran lalu lintas penerbangan merupakan hal yang penting yang harus senantiasa dijaga oleh pihak pemandu lalu lintas udara selaku pihak yang memberikan pelayanan lalu lintas penerbangan. Kegiatan didalam maneuvering area menjadi tanggung jawab pemandu lalu lintas udara untuk memperlancar traffic yang akan take off dan landing dari kegiatan yang menghambat kelancaran lalu lintas penerbangan. Penelitan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan taxiway parallel bravo sebagai tempat untuk compass swing terhadap kelancaran lalu lintas penerbangan di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam. Teori yang mendasari Tugas Akhir ini adalah dokumen Annex 14 part 1(Aerodromes), CASR 43, Advisory Circular 43-7 tahun 2014, Annex 2 (Rules of the Air), Annex 11 (Air Traffic Services), ICAO 4444 Air Traffic Management.  Metode Penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif menekankan pada deskripsi secara alami dan apa adanya, maka dengan sifatnya ini dituntut keterlibatan secara langsung di lapangan dalam melakukan pengamatan. Sementara penelitian kuantitatif adalah penelitian dengan memperoleh data yang berbentuk angka. Sementara metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner, serta menggunakan instrumen penelitian berupa skala likert.

Keywords

taxiway parallel bravo compass swing kelancaran lalu lintas penerbangan

Article Details

How to Cite
Abdillah, K. H., Nurfadhilah, S., & Lestari, S. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN TAXIWAY PARALLEL ANTARA ALPHA DAN BRAVO SEBAGAI TEMPAT UNTUK COMPASS SWING TERHADAP KALANCARAN LALU LINTAS PENERBANGAN DI BANDAR UDARA HANG NADIM BATAM. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 3(3). https://doi.org/10.46491/snitp.v3i3.352