Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara usia, jenis kelamin, jurusan dan latar belakang pendidikan masing-masing taruna. Uji korelasi Pearson product moment digunakan untuk menentukan apakah ada pengaruh strategi belajar bahasa terhadap usia, jenis kelamin, jurusan dan latar belakang pendidikan masing-masing taruna. Hasil korelasi Pearson product moment mengungkapkan bahwa gender adalah satu-satunya faktor demografik yang secara signifikan berkorelasi dengan strategi pembelajaran pembelajar. Faktor-faktor lain secara signifikan tidak berkorelasi antara penggunaan strategi pembelajaran dan faktor demografi seperti usia, besar dan latar belakang pengetahuan. Hubungan antara strategi pembelajaran siswa dan jenis kelamin ditemukan positif signifikan 0,002 (sig <.005), penggunaan strategi pembelajaran yang terkait dengan jenis kelamin secara signifikan berkorelasi. Lebih lanjut, secara spesifik menunjukkan bahwa kecuali strategi kompensasi semua strategi memiliki keterkaitan dengan gender.