Main Article Content

Abstract

Line Interfacing Card (LIC) adalah sebuah modul interface standard pada AMSC untuk komunikasi melalui current loop. Modul ini digunakan untuk konversi sinyal komunikasi current loop menjadi RS-232 dan sebaliknya. Setiap modul Line Interfacing Card (LIC) digunakan untuk satu saluran komunikasi pada AMSC. Sehingga apabila terjadi kerusakan, maka AMSC tidak dapat melakukan komunikasi melalui channel tersebut. Modifikasi ini dibuat sebagai alternatif modul LIC AMSC ELSA tipe AROMES-1003Qi II untuk mendukung praktikum taruna Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara (TNU) di Politeknik Penerbangan Surabaya. Proses konversi sinyal menggunakan IC optocoupler. IC optocoupler ini digunakan untuk mengubah data sinyal RS-232 menjadi sinyal current loop dan sebaliknya. LED yang digunakan adalah sebagai indikator Transmitter, Receiver, dan open/close line pada modul tersebut.Line Interfacing Card (LIC) adalah sebuah modul interface standard pada AMSC untuk komunikasi melalui current loop. Modul ini digunakan untuk konversi sinyal komunikasi current loop menjadi RS-232 dan sebaliknya. Setiap modul Line Interfacing Card (LIC) digunakan untuk satu saluran komunikasi pada AMSC. Sehingga apabila terjadi kerusakan, maka AMSC tidak dapat melakukan komunikasi melalui channel tersebut. Modifikasi ini dibuat sebagai alternatif modul LIC AMSC ELSA tipe AROMES-1003Qi II untuk mendukung praktikum taruna Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara (TNU) di Politeknik Penerbangan Surabaya. Proses konversi sinyal menggunakan IC optocoupler. IC optocoupler ini digunakan untuk mengubah data sinyal RS-232 menjadi sinyal current loop dan sebaliknya. LED yang digunakan adalah sebagai indikator Transmitter, Receiver, dan open/close line pada modul tersebut.

Keywords

RS-232 current loop open line close line IC optocoupler

Article Details

How to Cite
Yuda, A. S., Rifa’i, M., & Supriyanto, S. (2018). MODIFIKASI MODUL LIC AMSC ELSA AROMES-1003Qi DENGAN PENAMBAHAN INDIKATOR OPEN/CLOSE LINE. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 2(2). https://doi.org/10.46491/snitp.v2i2.223