Main Article Content

Abstract

Gedung Terminal Bandar Udara Dabo Singkep termasuk kedalam salah satu area penting yang dapat mempengaruhi pelayanan kenyamanan dan keselamatan penumpang,  sehingga perlu dilakukan pengawasan atau inspeksi secara  efektif. Selama ini kegiatan inspeksi terminal penumpang belum dilakukan secara maksimal, karena pelaporan hasil inspeksi hanya dilaporkan pada logbook Unit Terminal. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah pelaporan checklist hasil inspeksi secara efektif dengan cepat untuk mengimbangi kebutuhan, kemajuan dan kecanggihan teknologi di era globalisasi. Untuk itu pembuatan webpage pelaporan hasil inspeksi harian gedung terminal penumpang diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah pengelolaan pelaporan hasil inspeksi.


Webpage pelaporan hasil inspeksi harian gedung terminal penumpang memiliki 2 akun pengguna yaitu akun admin, dan akun user. Akun admin berfungsi untuk mengelola sekaligus bertanggung jawab atas kendali data dalam webpage. akun User sendiri terbagi lagi menjadi 2 yakni Penginspeksi dan NonPenginspeksi. User penginspeksi berfungsi memberikan laporan hasil checklist inspeksi rutin gedung terminal dan laporan mengenai kerusakan gedung yang benar dan sesuai dengan kondisi lapangan sesungguhnya. User Nonpenginspeksi hanya berfungsi memberikan laporan mengenai kerusakan gedung. Admin tersebut yaitu Analisis Perencana dan staff. Sedangkan, user yang bisa mengakses laporan hasil checklist inspeksi anggota Unit Bangunan dan Landasan serta anggota Unit Terminal, dan user yang hanya bisa mengakses laporan kerusakan bangunan adalah seluruh staff dan pegawai Bandar Udara Dabo Singkep. Hasil output aplikasi ini berupa file excel hasil inspeksi yang dapat dikelola kembali oleh admin.

Keywords

terminal penumpang inspeksi checklist webpage

Article Details

How to Cite
Hana Wahyuningtyas, Ahmad Musadek, & Ranatika Purwayudhaningsari. (2023). PERANCANGAN PELAPORAN HASIL INSPEKSI HARIAN GEDUNG TERMINAL PENUMPANG BERBASIS WEBPAGE DI BANDAR UDARA DABO SINGKEP . Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1458